Membuat Form Komentar Sederhana

Zuli akan mencoba membahas Form atau Formulir.

Form/Formulir adalah merupakan bagian penting dalam sebuah halaman website dan salah satu contoh dari Form yang paling mudah adalah form komentar. Kali ini kita akan mencoba untuk Membuat Form Komentar sederhana yang berisi: Nama, Email, URL dan Isi KomentarMembuat Form Komentar Sederhana yang bisa dieksekusi.



Dalam sebuah Membuat Form Komentar sederhana yang terpenting sebenarnya adalah action="(lokasi)" selain daripada form itu sendiri. Ini karena action="(lokasi)" menunjukkan file mana yang akan dieksekusi setelah tombol Submit di klik. Tapi seperti sudah dijelaskan diatas, kita akan mengabaikan dulu File Eksekusi tersebut dan lebih kepada bentuk formnya dulu.



Nah kira-kira kita akan membuat Form seperti ini:

Tuliskan Komentar Anda

Nama:
Email:
Website:
Komentar:




*Tampilan bisa lebih rapi jika tidak ditaruh diposting*



Code dari Form Komentar diatas adalah sebagai berikut:




Ket:

Sebenarnya pada code diatas ada sebuah code yang saya hapus yaitu </textarea> letaknya tepat setelah <textarea cols="31" rows="10"> karena waktu saya letakkan justru malah merusak textarea diatas.


Untuk Form diatas  menggunakan method="post" bisa juga diganti dengan method="get" dan bisa dilihat perbedaannya di addressbar browser.  input type="(jenis)" yang berbeda-beda mulai dari text (agar bisa ditulis), submit(untuk menambah) dan reset (menghapus).