Program Looping dengan For, While dan Do While dalam Bahasa C

PROGRAM LOOPING ATAU PENGULANGAN
adalah suatu yang wajib dikuasai oleh seorang Programmer, ini karena looping adalah jiwa dari program. Banyak Algoritma yang memerlukan looping sebagai sarana terwujudnya Algoritma tersebut seperti   Al goritman Arry, Searching, Sorting,   dan lain-lain . Dari sini kebayang bagaimana pentingnya sebuah looping dalam sebuah program. Baiklah akan Zuli coba berbagi tentang Algoritma dan Syntax Looping dalam Bahasa C.

Bahasa C memang sepopuler Visual Basic atau PHP di Indonesia tapi seperti yang kita tau semua bahwa Bahasa C adalah bahasa Free Platform yang powerfull dan merupakan Source Code dari Core Linux, dan Unix. Selain itu Visual C# atau Visual C++ yang disediakan oleh Microsoft juga menjadi pertimbangan untuk mengembangkan bahasa C di Indonesia.


Looping dalam Bahasa C dibagi menjadi 3 yaitu For, While dan Do While.
For digunakan untuk Looping otomatis dan lebih sering dipakai ketimbang While dan Do While.
Sementara While dan Do While adalah Looping Conditional sehingga While dan Do While lebih Fleksibel. Tergantung anda sendiri selaku programmer ingin menggunakan yang mana. Kedua-duanya pun boleh kok.

Syntax Looping For:

For (i=1;i<=10;i++){
Block Proses;
}

Syntax Looping While dan Do While

While (i<=10){
Block Proses;
i++;
}
// Perhatikan i++;
Do{
Block Proses;
i++;
}
While (i<=10)

Multi Kondisi dengan Switch Case dalam Bahasa C

Di dalam sebuah program Statement Kondisional so pasti ada, sehingga seorang programmer dituntut untuk bisa memahami dengan baik syntax-syntax kondisional cos sangat sering digunakan. Maka dari itu Zuli disini akan mencoba memberikan Sebuah Contoh Program Kondisional dengan Multi Kondisi  dengan menggunakan Switch Case.

Switch Case adalah prosedure dalam bahasa C yang fungsinya sama dengan IF (untuk melakukan sebuah proses berdasarkan Kondisi terntentu) namun dengan banyak kondisi (Multi Kondisi)

Contoh Sederhana dari Program ini adalah seperti halnya sebuah lampu lalu lintas yang dimana disana dikondisikan sebagai berikut:

- Bila Lampu Merah maka semua Kendaraan Harus Berhenti
- Bila Lampu Kuning maka Kendaraan bersiap-siap melaju
- Bila Lampu Hijau maka Kendaraan boleh melaju

Kondisi-Kondisi yang Multiple seperti ini akan sangat memakan banyak code dan memory (size file) bila menggunakan Statement IF sehingga perlu adanya sebuah Statement pengganti yang fungsinya sama dengan Statement IF namun lebih simple yaitu Switch Case.


Visual Basic 2010


Visual Basic (VB) adalah salah satu Bahasa Pemrograman Level Atas ( BPTT ) yang masih menjadi primadona. Selain karena bahasanya yang mudah dipelajari, juga karena IDE-nya yang memudahkan Developer dalam bekerja. Bukan hanya itu, pop up reference code (Aden nyebutnya gitu) yang muncul sangat membantu bagi Pemula yang belajar coding Lingkungan. 



 

Blogger Asosiate With Amazone | Pilihan Baru Monetise Blog

Kawan Zuli beritahu yo,Ternyata sekarang Google bekerjasama dengan Amazon.com  sehingga sekarang Blogger bisa menjadi Mitra Asosiasi Amazon dengan mudah. Editor di Posting pun langsung berubah ketika mengikuti Amazon Asosiate  dan ada sidebar ada tambahan yaitu tampilan produk2 dari Amazon. Inilah Contoh tampilan Produknya.


Text Editor Alternatif Selain Dreamweaver

Teks Editor, mungkin belum banyak yang belum tahu maksud dari Teks Editor atau malah sudah banyak yang tau juga karena memang pengetahuan begitu mudah dan murah dijaman sekarang ini, tanpa harus Kuliah ja kita bisa mendapatkan ilmu lebih banyak dari yang kuliah. Teks Editor menurut Aden adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk menulis, mengedit, dan memanipulasi sebuah Bahasa Pemrograman. Tidak hanya itu, teks editor juga bisa digunakan untuk menulis sebagaimana Ms. Word atau aplikasi perkantoran lainnya dengan format yang biasanya lebih flexibel.

Contoh dari Teks Editor adalah Notepad,
Notepad adalah  Software Teks Editor paling sederhana, ada juga yang lebih profesional seperti Dreamweaver, Notepad++, PSPad, Netbeans,dll.
Menurutku dari beberapa Teks Editor yang aku ketahui, Notepad++ sudah cukup untuk dijadikan Text Editor pilihan.
Selain karena Light Weight alias Ringan, Notepad++ juga support untuk berbagai bahasa Pemrograman seperti HTML, CSS, PHP, dll

Tapi bagi yang suka kemudahan tentulah Dreamweaver rajanya dan aku rasa belum ada yang menandingi fitur Dreamweaver dalam hal kemudahan dalam coding terutama buat pemula yang masih gagap dalam syntax. Namun bagi para master mungkin Pop Up Dreamweaver saat coding justru mengganggu konsentrasi n kecepatan coding mereka. Entahlah, yang jelas Dreamweaver itu berat dan memerlukan memori yang tidak sedikit.

Menghitung Luas Persegi Panjang | Keliling Lingkaran dan Luas Segitiga dalam Bahasa C

Pemrograman Bahasa C, memang sangat powerfull, terbukti dengan banyaknya Bahasa Pemrograman lain yang justru berkembang atau dikembangkan dari Bahasa C. Tentunya kawan-kawan ingin memperdalam  Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah.
1. Program Menghitung Luas Persegi Panjang.
Alogritma:

- Masukkan Lebar
- Masukkan Panjang
- Luas adalah hasil perkalian antara Nilai Lebar dikali Nilai Panjang
- Print Luas sebagai hasil

2. Program Menghitung Keliling Lingkaran


Algoritma:

- Masukkan Jari-Jari
- Inisialisasi Pi (Konstanta)
- Keliling adalah hasil perkalian dari Pi dikali 2 kali panjang Jari-Jari
- Print Keliling sebagai hasil

3. Program Menghitung Luas Segitiga
Algoritma:

- Masukkan Alas
- Masukkan Tinggi
- Luas adalah hasil perkalian dari alas dikali tinggi dibagi 2
- Print Luas sebagai hasil

Firefox 3.6 Beta 4

Mozilla Firefox siapa yang tidak kenal dengan Browser yang menjadi favorit sebagian besar pengguna internet ini sekarang telah merilis versi 3.6 Beta 4 yang pastinya akan lebih cepat, stabil dan lebih mudah dengan navigator yang dibuat semakin cantik. Setelah melihat tampilan yang mumpuni pastinya kita akan melakukan
Test Drive Firefox 3.6 Beta 4  dengan membuka salah satu halaman web.

Tapi bagi kawan-kawan yang sudah tau cara merubah settingan Firefox pastinya akan mencoba merubah Settingan Pipes, Connection, dan Delay dari default Firefox. Berikut adalah Setting Standart Firefox 3.6 Beta 4

Max Connections (Accelerator Only) : 4 Connections Pipes

Max Tabs : 30 Tabs

Max Proxy Connections : 8 Proxys

NB: Itu ceh menurut Zuli, Kalo ada yang salah tolong dikoreksi ya

Lebih lengkap silahkan cek sendiri dengan mengetikkan "about:config" pada address bar tapi kalo tidak tau tentang Custome Setting Firefox lihatin ja ya Sob.....Ga usah diubah-ubah kalo memang ga ngerti maksudny.

Nah dengan settingan standart itu sebenarnya kita bisa melakukan Customisasi pada Network Connections dan Pipes Juga Proxynya agar Firefox lebih Swing lagi pas ngakses halaman web.

Untuk mempercepat lagi dari settingan Standart Firefox, Coba kita "kilik" sedikit Sob biar lebih mantab lagi.!

Langkah Setting "Kilikan" Firefox!

1. Buka about:config pada browser Firefox Sobat semua

2. Filter by Network kemudian Set Sebagai Berikut

rowser.tabs. showSingleWindow ModePrefs = true
network.http. max-connections = 64
network.http. max-connections-per-server = 20
network.http. max-persistent-connections-per-proxy = 10
network.http. max-persistent-connections-per-server = 4
network.http. pipelining = true
network.http. pipelining. maxrequests = 94
network.http. proxy.pipelining = true
network.http. request.timeout = 300
nglayout.initialpai nt.delay = 5
network.http. request.max- start-delay = 5

Nah Bisa dibayangkan Settingan Gila itu berapa kali kecepatan akses akan bertambah??? tapi tentunya pasti dengan Custom Setting ini ada resiko yang harus ditanggung dan tentunya Zuli ga mau ikut-ikutan....lariiiiiiii

Frekuensi Spektrum dan Bandwidth

Konsep Time Domain
  • Signal Kontinue : Intensitasnya berubah-ubah sepanjang waktu.
  • Signal Diskrit : Intensitasnya konstan pada level dan periode tertentu.
  • Signal Periodik : Pola sinyal berulang setiap waktu.
  • Signal Aperiodik : Pola sinyal tidak berulang setiap waktu.

PENGENALAN KOMPUTER


Apakah anda pernah mendapat pertanyaan yang berkisar tentang apakah komputer itu? Coba anda renungkan dan mencoba untuk menjawabnya dan jangan kaget bila pertanyaan tersebut sulit untuk dijawab. Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda untuk orang yang berbeda. lstilah komputer (computer) diambil dan bahasa Latin Computare yang berarti menghitung (to compute atau reckon).

Berikut ini diberikan beberapa definisi tentang komputer yang .disajikan oleh beberapa buku komputer :
1.     Menurut buku Computer Annual (Robert H. Blissmer):
      Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
- menerima input,
- memproses input tadi sesuai dengan programnya,
- menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan,
- menyediakan output dalam bentuk informasi.
2.     Menurut buku Computer Today (Donald H. Sanders):
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).
3.     Menurut buku Computer Organization (V.C. Hamacher, ZG. Vranesic, S.G.Zaky):
      Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.
4.     Menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Business (William M. Fuori):
      Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan (definisi ini diambilkan dan American National Standard Institute dan sudah didiskusikan serta sudah disetujui dalam suatu pertemuan Internasional Organization For Standardization Technical Commitee).

PENGERTIAN KOMPUTER


Menurut buku Introduction To Computers (Gordon B. Davis):
Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.
Dan beberapa definisi yang tersebut, dapat disimpulkan bahwa komputer  adalah:
1.     Alat elektronik.
2.     Dapat menerima input data.
3.     Dapat mengolah data.
4.     Dapat memberikan informasi.
5.     Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program).
6.     Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan.
Bekerja secara otomatis.
 

PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK



Pengolahan data dengan menggunakan komputer terkenal dengan nama pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dan suatu kenyataan. Data dapat berupa angka-angka, huruf-huruf atau simbol-simbol khusus atau gabungan darinya. Data mentah masih belum bisa bercerita banyak, sehingga perlu diolah lebih lanjut. Pengolahan data (data processing) adalah manipulasi dan data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, berupa suatu informasi.

Informasi (information) adalah hasil dan kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian. Jadi Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP) adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.

SISTEM KOMPUTER



   Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk sistem komputer (computer system). Sistem adalah jaringan daripada elemen-elemen yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dan sistem tersebut.

Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghsilkan informasi. Supaya tujuan pokok tersebut terlaksana, maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya. Elemen-elemen dari sistem komputer adalah software, hardware dan brainware.
  • Hardware (perangkat keras/piranti keras) adalah peratatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah.
  • Software (perangkat lunak/piranti lunak) adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data.
  • Brainware adatah manusia yang terlibat di datam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer. 

Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus sating berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Hardware tanpa adanya software, maka tidak akan berfungsi seperti yang diharapkan, hanya berupa benda mati saja. Software yang akan mengoperasikan hardware-nya. Hardware yang sudah didukung oleh software juga tidak akan berfungsi kalau tidak ada manusia yang mengoperasikannya.

PENERAPAN KOMPUTER


PENERAPAN KOMPUTER

Di bidang teknik dan ilmu pengetahuan
Komputer dapat menyelesaikan perhitungan- perhitungan yang sulit dan rumit dalam waktu yang sangat cepat. Perhitungan-perhitungan yang harus dilakukan secara trial dan error yang biasanya sangat lama, sulit, dan membosankan, bisa ditangani oleh komputer. Penelitian dan riset pengembangan yang berbahaya bisa dilakukan manusia dan membutuhkan biaya yang besar, dapat dilakukan secara simulasi pada komputer. Komputer bisa digunakan pada bidang geologi untuk mempelajari keadaan tanah serta kontur suatu daerah.
Aplikasi Computer Aided Design (CAD) yaitu perancangan yang memakai bantuan komputer banyak digunakan untuk merancang bentuk-bentuk dalam bidang teknik, misalnya merancang bentuk mobil yang paling efisien dan efektif atau perancangan bentuk gedung atau susunan tata ruang dalam bidang arsitektur.
Pada bidang teknik sipil, perhitungan konstruksi gedung tingkat tinggi yang rumit dapat dihasilkan oleh komputer.



Di bidang bisnis
Untuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat. Bila informasi terlambat atau terhenti waktunya maka sistem perusahaan akan menjadi lusuh. Manajemen membutuhkan informasi secara berbeda tergantung dari tingkatannya di dalam perusahaan.
Sistem Informasi Manajemen merupakan sistem informasi yang banyak diterapkan pada perusahaan-perusahaan untuk menyediakan informasi yang diperlukan oleh semua tingkat manajemen.
Definisi Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem informasi yang didasarkan pada komputer, dirancang untuk mendukung operasi, menyediakan informasi kepada manajemen untuk tujuan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.

Di bidang industri
Dengan adanya komputer, proses produksi di dalam industri lebih efisien dan lebih efektif. Di dalam proses produksi, komputer dapat digunakan untuk pengawasan numerik (numerical control) atau pengawasan proses (process control). Pengawasan numerik berarti pengawasan secara otomatis terhadap posisi-posisi operasi mesin-mesin yang dipergunakan, misalnya: mesin pemotong, grenda, mesin press, dsb.
Pengawasan proses berarti menyediakan otomatisasi si dalam operasi pada industri untuk mengatur secara otomatis variabel-variabel yang mempengaruhi proses produksi tersebut yang sulit dilakukan oleh manusia secara serentak.
Komputer ini banyak digunakan pada proses produksi baja, penyulingan minyak, produksi kertas, bahan-bahan kimia, semen, makanan, dll.

Di bidang perbankan
Komputer digunakan untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen bank sendiri dan juga untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah bank.

Di bidang pendidikan
Banyak tersedia panel-panel program untuk membantu di bidang pendidikan, misalnya paket program untuk membantu di dalam mempelajari matematika, biologi, bahasa Inggris, dll. Komputer bisa juga digunakan untuk membantu orang tuli mempelajari bahasa kode.

Di bidang kedokteran
Komputer banyak digunakan pada klinik-klinik dan rumah-rumah sakit untuk membantu para dokter mendiagnosa penyakit dan menemukan obat yang tepat. Dengan memasukkan gejala-gejala penyakit dari pasien ke komputer, dokter akan segera mendapat hasil dari jenis penyakit pasien, dan dapat menentukan obatnya.
Komputer dapat digunakan untuk menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat. Sistem CAT (Computerized Axial Tonography) memungkinkan untuk mengambil gambar otak dan organ tubuh lainnya.

 Di bidang penerbangan
Komputer dapat digunakan untuk mengatur jadwal penerbangan dan mengatur sistem pemesanan tiket. Semua data penerbangan direkam pada komputer yang biasanya terletak di kantor pusat.

Di bidang kriminalitas
Komputer dapat menghasilkan statistika kriminalitas di suatu daerah sehingga dapat membantu pengaturan patroli yang diperlukan. Crime Analysis Support System merupakan program yang yang dapat mengidentifikasi suatu daerah yang kemungkinan akan terjadi kriminalitas. Data mengenai sidik jari pun dapat disimpan di komputer.

Di bidang permainan
Permainan komputer dapat juga digunakan untuk membantu pasien yang mempunyai kelemahan mental. Permainan ini menuntut pemain dengan perhatian yang tinggi, mampu mengikuti petunjuk-petunjuk dari komputer, berpikir dan bergerak dengan tangkas.

SISTEM BILANGAN DAN KODE



Sistem bilangan (number system) adalah suatu cara untuk mewakili besaran dari suatu item fisik Sistem bilangan yang banyak dipergunakan oleh manusia adalah sistem bilangan desimal, yaitu sistem bilangan yang menggunakan 10 macam symbol untuk mewakili suatu besaran. Sistem bilangan menggunakan suatu bilangan dasar atau basis (base atau disebut juga radix) yang tertentu. Basis yang dipergunakan masing-masing system bilangan tergantung dari jumlah nilai bilangan yang dipergunakan.

·         Sistem bilangan desimal dengan basis 10 (deca berarti 10), menggunakan 10 macam simbol bilangan.
·        Sistem bilangan binary dengan basis 2 (binary berarti 2), menggunakan 2 macam simbol bilangan.
·         Sistem bilangan oktal dengan basis 8 (octal berarti 8), menggunakan 8 macam simbol bilangan.
·      Sistem bilangan hexadesimal dengan basis 16 (hexa berarti 6 dan deca berarti 10), menggunakan 16 macam simbol bilangan.

KEMAMPUAN KOMPUTER


  Kemampuan komputer yang paling menakjubkan adalah kecepatannya. Komputer dapat melakukan suatu operasi dasar, seperti misalnya perhitungan, pertambahan atau pengurangan, dalam waktu yang sangat cepat, yaitu dalam satuan millisecond, microsecond, nanosecond atau picosecond. Komputer yang paling cepat dapat melakukan operasi dalam waktu picosecond.
Satuan waktu kecepatan proses komputer
Satuan waktu
Kecepatan
Milisecond (ms)
Microsecond (┬Ás)
Nanosecond (ns)
Picosecond (ps)
ribu operasi perdetik
juta operasi perdetik
milyard operasi perdetik
triliun operasi perdetik
         Misalnya manusia dapat menyelesaikan suatu perhitungan pertambahan dalam waktu 1 detik. Bila kecepatan komputernya adalah picosecond, 1 detik operasi pertambahan yang dilakukan oleh komputer, akan diselesaikan oleh manusia dalam waktu 1 triliun detik atau 31709 tahun.
        Berdasarkan kecepatannya, komputer dapat dikiasifikan sebagai komputer mikro (micro computer), komputer mini (mini computer), komputer mainframe (dapat berupa small-scale mainframe, medium-scale mainframe dan large-scale main frame) dan komputer super (super computer). Umumnya kecepatan komputer mikro diukur dengan satuan MHz (megahertz), kecepatan komputer mainframe dalam satuan MIPS (million instructions per second) dan komputer super dengan satuan kecepatan FLOPS (floating point operations per second).
         Komputer mikro sekarang dapat mempunyai kecepatan berkisar dan 8 MHZ sampai dengan 500 MHz. Satu megahertz (MHz) menunjukkan kemampuan melakukan kecepatan sebesar satu juta siklus operasi per detik. Jika kecepatan komputer mikro adatah 500 MHz, ini berarti bahwa komputer ini dapat melakukan 500.000.000 (500 juta) siklus operasi per detiknya, atau satu siklus operasi dapat dikerjakan selama 1/500.000.000 detik atau 0,5 nanosecond.
         Komputer mainframe dapat mempunyai kecepatan sampai dengan lebih dan 1000 MIPS. Komputer dengan kecepatan 1000 MIPS dapat mengolah sebanyak 1.000.000.000 (1 milyard) instruksi perdetiknya. Komputer mikro yang mem punyai satuan kecepatan MHz dapat dikonversikan ke satuan kecepatan MIPS. Umumnya satu instruksi program membutuhkan beberapa siklus operasi: Di umpamakan secara rata-rata, satu instruksi program membutuhkan 20 siklus operasi, maka komputer 500 MHz dapat dinyatakan mempunyai kecepatan 500 juta siklus operasi per detik/20 siklus operasi atau sekitar 25 juta operasi per detik atau 25 MIPS.
Komputer super disebut juga dengan nama parallel processor, karena sebenarnya komputer super merupakan komputer mainframe yang mempunyai banyak processor yang dipasang secara paralel. Dengan demikian kecepatan komputer super dapat beberapa kali lipat dari kecepatan komputer mainframe, tergantung dari berapa banyaknya processor yang dipasang secara paralel. Komputer super dapat beroperasi dengan kecepatan lebih dan 100 GLOP. Satu GLOP sama dengan 1 giga (milyard) FLOP.
Kemampuan komputer lain yang menakjubkan adalah ketepatannya. Kalau manusia lelah, maka mentalnya akan luluh (mental fatique), yang akan berakibat kecenderungan untuk melakukan kesalahan. Misalnya saja anda disuruh untuk melakukan perhitungan sebanyak, katakanlah l00000 buah pertambahan, yang akan anda selesaikan dalam waktu 1 hari terus menerus tanpa berhenti, maka akan dijamin bahwa anda pasti akan melakukan kesalahan. Sebaliknya, karena komputer tidak mempunyai mental dan tidak mengenal lelah, maka komputer tidak akan mengalami kesalahan.
Komputer akan mengalami kesalahan, bilamana:
1.     Komponennya rusak (metal fatique).
2.     Data yang dimasukkan salah, maka hasilnya akan salah. Suatu istilah di komputer yang cukup populer, yaitu GIGO, singkatan dan Garbage in Garbage Out, yang berarti sampah yang masuk, sampah pula yang keluar. Jadi kalau data yang dimasukkan salah, maka hasilnya akan salah, sebaliknya, bila data yang dimasukkan benar, maka hasilnya akan benar (Gold in Gold Out, emas yang masuk, emas pula yang keluar). Disamping komputer mempunyai kernampuan untuk beroperasi dengan cepat dan tepat, juga mempunyai kemampuan yang lain, yaitu mempunyai ingatan (memory) yang besar.
Walaupun kelihatannya komputer lebih unggul dan manusia, tetapi ada beberapa hal yang tidak bisa menyamai manusia. Manusia mempunyai inisiatif dan dapat beradaptasi terhadap situasi yang tertentu, sedang komputer tidak dapat melakukan hal tersebut, karena beroperasi secara pasti menurut program yang diberikan. Keunggulan manusia yang lain adalah manusia mempunyai perasaan untuk membuat pertimbangan dan peramalan, sedang komputer tidak mempunyai perasaan.
Satuan kapasitas memori komputer.
Satuan Memori
Kapasitas
1 Byte
8 bit atau 1 karakter
1 KB (KiloByte)
1024 byte
1 MB (MegaByte)
1024 KB atau 1.048.576 byte
1 GB (GigaByte)
1024 MB atau 1.048.576 KB atau 1.073.741.824 byte
1 TB (TeraByte)
1.099.511.627.776 bit atau 137.438.953.472 byte

PERKEMBANGAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER


PERKEMBANGAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER

Alat pengolah data, mulai dari yang sederhana dapat dikelompokkan menjadi 4 golongan yaitu;
1.     Alat manual: menggunakan alat-alat sederhana, tangan masih memegang peranan penting
2.     Alat mekanik: alat mekanik yang digerakkan secara manual dengan tangan
3.     Alat mekanik elektronik: alat mekanik yang digerakkan oleh motor elektronik
4.     Alat elektronik: alat yang bekerja secara elektronik

Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
Walaupun komputer sebelum tahun 1946 sudah elektronik, tetapi tidak dimasukkan sebagai komputer generasi pertama. Komputer generasi pertama dimuiai pada tahun 1946. Yang termasuk komputer generasi ini adalah komputer elektronik yang menggunakan konsep stored-program (operasi komputer dikontrol oleh program yang disimpan di memori komputer, sedang komputer elektronik sebelumnya program tidak dapat disimpan di memori komputer, hanya tiap-tiap instruksi dibacakan ke komputer, sedang program adalah kumpulan dan instruksi). Stored-program merupakan suatu konsep yang cukup dramatis. Dengan stored-program, tidak perlu merubah isi komponen dalam komputer untuk masing-masing aplikasi baru yang berbeda. Hanya program baru untuk aplikasi itu saja yang dibacakan ke komputer dan disimpan di memori komputer. Program dibuat dengan bahasa mesin, yang terdiri dan instruksi-instruksi angka 0 dan 1 di dalam urut-urutan yang tertentu.

Komputer generasi pertama mempunyai ciri-ciri sebagai berikut ini.
1.     Komponen yang dipergunakan adalah tabung hampa udara (Vacuum tube) untuk sirkuitnya.
2.     Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin (machine language).
3.     Menggunakan konsep stored-program dengan memori utamanya adalah magnetic core storage.
4.     Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetik disk.
5.     Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.
6.     Cepat panas, sehingga diperlukan alat pendingin.
7.     Prosesnya kurang cepat.
8.     Simpanannya kecil.
9.     Membutuhkan daya listrik yang besar.
10. Orientasinya terutama pada aplikasi bisnis.

Contoh:
- ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator)
- HARVARD MARK II , III
- IBM Selective Sequence Electronic Calculator
- EDSAC(Electronic Delayed Srage Automatic Computer)
- ACE (Automatic Calculating Engine)
- SEC (Simple Electronic Computer)
- LEO (Lyon Electronic Office)
- UNIAC(Universal Automatic Computer)
- EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
- IBM 701, IBM 650, IBM 705,dll 


 Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
Komputer generasi kedua mempunyai ciri-ciri sebagai berikut ini:
1.   Komponen yang dipergunakan adalah transistor untuk sirkuitnya, dikembangkan di Bell Laboratories oieh John Bardeen, William Shockley dan Walter Brattain pada tahun1947.
2.    Program dapat dibuat bahasa tingkat tinggi (high level Language) seperti misalnya FORTRAN. COBOL, ALGOL (the Algorithmic Language)
3.    Kapasitas memori utama sudah cukup besar dengan pengembangan dari magnetic core storage, dapat menyimpan puluhan ribu karakter.
4.     Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk atau disk pack
5.     Mempunyai kemampuan proses real-time dan time-sharing. Real-time dapat dilakukan karena menggunakan simpanan luar yang sifatnya direct access, seperti misalnya magnetic disk, sehingga informasi yang dibutuhkan, seketika dapat dihasilkan. Sedang time-sharing memungkinkan beberapa pemakai menggunakan komputer secara bersama-sama dan komputer akan membagi waktunya (time-sharing) untuk tiap-tiap pemakai.
6.     Ukuran fisik komputer lebih kecil dibanding komputer generasi pertama
7.     Proses operasi sudah cepat, dapat memproses jutaan operasi per-detik
8.     Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
9.     Orientasinya tidak hanya pada aplikasi bisnis, tetapi juga ke aplikasi teknik

Contoh:
- PDP-1, PDP-5, PDP-8
- IBM 401, IBM 1602, IBM 7094
- UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC 1107
- Burrough 200
- IBM 7070, IBM 7080, IBM 1600
- NCR 300
- Honeywell 400, Honeywell 800
- CDC 1604, CDC 160A
- GE 635, GE 695, GE 200 


Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
Komputer generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1.     Komponen yang dipergunakan adalah IC (Integrated Circuits), yang berbentuk hybrid integrated circuits dan monolithic integrated circuits. Hybrid integrated circuit atau Solid Logic Technology (SLT) adalah transistor dan dioda yang diletakkan secara terpisah dalam, satu tempat. Monolithic integrated circuits atau Monolithic System Technology (MST) adalah elemen-elemen sirkuit (transistor, resistor dan dioda) semuanya diletakkan bersama-sama dalam suatu chip. MST lebih kecil tetapi mem punyai kemampuan yang lebih besar dan LST. IC disebut juga dengan miniaturized circuits dan dibuat pertama kali pada tahun 1959 oleh Texas Instruments dan Fairchild semiconductor.
2.     Peningkatan dari softwarenya
3.     Lebih cepat dan lebih tepat. Kecepatannya hampir 10000 kali dan komputer generasi pertama. Ukuran kecepatannya adalah microseconds (jutaan operasi perdetik), bahkan sampai nanoseconds (milyard operasi perdetik).
4.     Kapasitas memori komputer lebih besar; dapat menyimpan ratusan ribu karakter.
5.     Menggunakan penyimpan luar yang sifatnya random access (dapat mengisi record data secara random), yaitu disk magnetik yang berkapasitas besar (jutaan karakter).
6.     Penggunaan listrik lebih hemat dibandingkan komputer generasi sebelumnya.
7.     Memungkinkan untuk melakukan multiprocessing, yaitu dapat memproses sejumlah data dan sumber yang berbeda pada waktu yang bersamaan dan multiprogramming yaitu dapat mengerjakan beberapa program sekaligus.
8.     Pengembangan dari alat input-output yang menggunakan visual display terminal yang bisa menampilkan gambar-gambar dan grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara, serta penggunaan alat pembaca tinta magnetik yaituMICR(Magnetic Ink Characters Recognition) reader.
9.     Harga semakin murah dibandingkan dengan komputer generasi sebelumnya.
10. Kemampuan melakukan komunikasi data dari satu komputer dengan komputer lainnya misalnya lewat alat komunikasi telepon.

Contoh :
- IBM S/360, UNIVAC 9000
- Burroughs 5700, 6700, 7700
- NCR seri Century
- GE 600, GE 235
- CPC 3000, 6000, 7000
- PDP-8, PDP-11


Komputer Generasi Keempat (1910 - . . .)
Ada dua perkembangan yang kemudian dianggap sebagai komputer generasi keempat, yang pertama adalah penggunaan Large Scale Integration (LSI) atau disebut juga dengan nama Bipolar Large Scale Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah chip. lstilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian- rangkaian terpadu (integrated circuits), LSI kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration).
Yang kedua adalah dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan mikroprocessordari semikonduktoryang berbentuk chip untuk memori komputer.

Contoh:
- IBM 370
- Microprocessor 4004 (Intel)
- Komputer mikro Altair (8080)
- Komputer Cray-1 (Supercomputer)
- Apple II, Radioshack, Commodore
- Altos, Atari, Casio, Compaq, Corona
- Epson, Hewlett-Packard, Wang, Xerox


Komputer Generasi Kelima
Komponen yang dipergunakan adalah VLSI (Very Large Scale Integration). Disamping VLSI, juga sedang dilakukan pengembangan terhadap Josephson Junction, teknologi yang kemungkinan bisa menggantikan chip. Josephson Junction mempunyai kemampuan memproses trilyun operasi perdetik, sedang teknologi chip hanya dapat memproses milyard operasi perdetik.
Bila berhasil, komputer generasi kelima akan dapat menterjemahkan bahasa manusia, manusia dapat bercakap-cakap langsung dengan komputer, penghematan energi komputer, dapat melakukan diagnosa penyakit yang lebih akurat dan lain sebagainya.
Komputer Masa Depan
Suatu peramalan yang sifatnya fiksi meramalkan bahwa komputer masa depan dapat berpikir dan mempunyai perasaan seperti manusia. Beberapa ilmuwan komputer yakin suatu ketikaakan tercipta suatu komponen yang akan disebut sebagai biochip, yang terbuat dari bahan protein sintetis

COMPUTER HARDWARE


AKSES INTERNET
 BAGIAN FISIK COMPUTER



PETA JARINGAN KOMPUTER
WIRELESS MOUSE KEYBOARD WEB CAM