Aturan Meng-Copy Paste Artikel di Dunia Maya

Kasus Plagiat atau orang yang suka mengkopi/menyontek hasil karya orang lain, bukan hanya dominasi para musisi atau mereka yang mempunyai hak paten. Plagiat juga merupakan fenomena serius di Dunia Maya. Kemudahan Informasi, membuat manusia begitu mudah mendapatkan berbagai data tentang segala sesuatu, seperti: Kesehatan, Iptek, Sensasi, Kasus Selebritis,dll. Kemudahan inilah yang mendorong orang untuk menjadi Plagiat, terutama dibidang Iptek (Tutorial, Trik, Programming, Soucecode,dll). Namun apakah salah Plagiat itu? Bagaimana cara mengkopi yang baik?

Plagiat tidaklah dilarang

Secara pribadi saya berpendapat bahwa Plagiat tidak dilarang asalkan yang dicopy hanya sebatas pengetahuannya saja. Maksudnya adalah, si Plagiator tidak mencopy secara bulat (keseluruhan) apa yang kita tulis. Setidaknya kalopun memang demikian adanya si Plagiator haruslah memberikan referensi tulisan tersebut secara utuh pula (trackback). Bisa kita bayangkan bagaimana susahnya membuat artikel yang orisinil dan apakah kita dengan mudah hanya menjadi Plagiat tanpa memikirkan hal tersebut?

Kriteria Plagiat | Mengcopy Artikel Orang Lain

Untuk dapat disebut seorang Plagiat tentunya ada aturan baik tertulis maupun tidak tertulis. Kalo didunia musik kita mengenal aturan 8 bar, di Dunia Maya ada juga aturan yang berlaku meski tidak mengikat antara lain:

- Mengcopy sebagian atau seluruh artikel harus diberikan trackback/backlink
- Backlink harus Dofollow
- Mengcopy Ide termasuk script tidak bisa disebut plagiat

Aturan Mencopy Paste di Internet/Dunia Maya

Memang secara tertulis tidak ada tentang aturan copy paste, tapi seperti dijelaskan diatas, silahkan mengcopy dan mempaste ide, script atau lainnya tanpa menggunakan backlink, tapi tolong hargai artikelnya. Ide maupun Script tidak bisa jadi patokan karena Ide dan script itu sendiri gak jelas siapa yang mulai membuatnya, ya tho?

Script Textarea misalnya, silahkan buka google, ada berapa orang yang mengajarkan tersebut dan siapa yang memulainya kita pun tidak tau. Namun article dan tulisan yang dibuat adalah hasil jerih payah yang menguras waktu, tenaga dan otak. Sekarang kita kembalikan kepada diri kita masing-masing, relakah karya kita dijiplak?

Tips Menghindari Pencurian Artikel

- Mematikan Klik kanan
- Menyimpan virus yang akan didownload otomatis ketika menggunakan klik kanan
- Memberikan peringatan dengan tegas bahwa "Dilarang Mencuri Artikel"