Mempercepat Loading Blog

Zuli akan  membahas tentang cara mengatasi blog yang loadingnya lama. Setelah sebelumnya membahas tentang CSS Compressor, dan sebelumnya lagi posting tentang cara blogwalking di blog yang loadingnya lama, sekarang mencoba membahas tentang  mempercepat Loading Blog.

Berfikir seperti komputer bekerja


Web Page adalah sebuah buku dan kita sedang membaca buku tersebut dengan begitu kita mampu mengetahui  mempercepat loading blog.

1. External CSS dapat mempercepat loading blog



Kita sepakat kalo web page adalah sebuah buku dan bayangkan jika kita membaca sebuah buku kemudian dihalaman buku tersebut tertulis "Untuk mengetahui tentang ini silahkan bukan halaman sekian" dan itu tidak berlangsung sekali atau dua kali, apakah sama jika kita membaca buku dengan halaman yang fokus dan tanpa tulisan diatas? kira-kira cepat mana?

Begitulah External CSS, dia berada diluar dari halaman buku yang kita baca sehingga untuk mengetahuinya kita harus melihat halaman yang dimaksud. Lebih parah lagi kalo yang dilihat itu adalah halaman dari Buku lain (URL lain dari blog kita) dan ternyata Buku dan Halamannya tidak ditemukan, buyarlah semuanya dan bukannya semakin cepat membaca tapi malah justru memperlambat atau bahkan malah membuat malas kita untuk meneruskan membaca (Error Loading Page atau Loading yang tidak sempurna).

External CSS memang sangat membantu terutama untuk ukuran file namun tentu saja untuk mempercepat loading, kita perlu tinjau kembali dimana kita meletakkan dan stabilitas juga kecepatan akses dari file hosting tempat kita menitipkan file CSS kita.

2. Java Script = Loading Jadi Lambat

JavaScript ini sangat santer terdengar bahkan bisa dibilang paling populer.


Setahu Zuli, JavaScript adalah Side Programming Laguage yang berjalan dari sisi Client. Artinya Script JavaScript baru dapat berfungsi sebagaimana mestinya jika script tersebut sudah didownload secara sempurna ke komputer client/blogger. Mungkin inilah yang kemudian menyebabkan JavaScript terkesan memperlambat loading blog.