Sejarah Internet Dunia dan Perkembangannya

Internet pertama kali berkembang pada tahun 1969 melalui Proyek APRANET (Advanced Research Project Ak). gency NetworPada saat itu, Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuktikan/mendemonstrasikan bahwa dengan Hardware dan Software based Unix kita dapat berkomunikasi jarak jauh dengan memanfaatkan kabel telepon. Proyek ARPANET inilah yang menjadi cikal bakal TCP/IP.

Pada awalnya, Internet dipakai pertama kali untuk keperluan militer, namun dengan semakin pesatnya perkembangannya terlebih setelah ditemukannya aplikasi WWW (World Wide Web) perkembangan Internet Dunia semakin maju. Internet tidak lagi hanya menjadi monopoli militer dan akademis semata, namun sudah meluas ke segala kalangan hingga sekarang.

Di Era Modern akhir abad 20 (1990-an), ekspansi besar-besar internet dilakukan. Jarak antara bagian dunia yang satu dan yang lain semakin menyempit. Kita dapat memperoleh informasi bahkan lebih cepat daripada berita di televisi. Mudahnya memperoleh informasi dan kemudahan mengakses internet ini pengaruh yang luas bagi perkembangan baik ilmu pengetahuan maupun peradaban.

Internet Merubah Dunia

Kemajuan yang pesat dibidang informasi sejalan dengan perkembangan teknologi pendukungnya. Perubahan wajah website/web page yang dahulu sangat sederhana dan hanya berbasis HTML kini semakin interaktif dan atraktif dengan dukungan berbagai bahasa pemrograman berbasis web yang dapat berinteraksi dengan baik dengan HTML. Tentunya kita sanagat mengenal PHP, ASP, VBNet, MySQL, Oracle dll yang semuanya menjadi pelopor perkembangan Internet Dunia kearah yang lebih baik.

Dengan perkembangan internet dunia yang begitu pesat telah merubah pula kebudayaan. Orang-orang tak perlu lagi harus bersabar menunggu korannya datang kerumah karena sekarang ada e-paper. Bahkan untuk membeli peralatan rumah tangga pun sekarang dapat dilakukan sambil duduk. Kita memang harus bersyukur dengan perkembangan informasi yang begitu cepat ini.

Penyalahangunaan Internet



Tak dapat dipungkiri kemudahan yang diberikan Internet juga tak lepas dari penyalahgunaan terutama untuk mempromosikan berbagai hal yang berbau lendir. Hampir 50% bahkan lebih malah, user baru justru tertarik dengan keyword lendir dan yang berhubungan dengan itu. Ini tak lepas dari kemudahan mengakses dan mensharing informasi di Internet. Walau sempat ada penertiban dari Pemerintah toh tetap saja Website/Blog lendir masih mudah ditemukan.