Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)

Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)

Komputer generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1.Komponen yang dipergunakan adalah IC (Integrated Circuits), yang berbentuk hybrid integrated circuits dan monolithic integrated circuits. Hybrid integrated circuit atau Solid Logic Technology (SLT) adalah transistor dan dioda yang diletakkan secara terpisah dalam, satu tempat. Monolithic integrated circuits atau Monolithic System Technology (MST) adalah elemen-elemen sirkuit (transistor, resistor dan dioda) semuanya diletakkan bersama-sama dalam suatu chip. MST lebih kecil tetapi mem punyai kemampuan yang lebih besar dan LST. IC disebut juga dengan miniaturized circuits dan dibuat pertama kali pada tahun 1959 oleh Texas Instruments dan Fairchild semiconductor. 

2.Peningkatan dari softwarenya.

3.Lebih cepat dan lebih tepat. Kecepatannya hampir 10000 kali dan komputer generasi pertama. Ukuran kecepatannya adalah microseconds (jutaan operasi perdetik), bahkan sampai nanoseconds (milyard operasi perdetik). 

4.Kapasitas memori komputer lebih besar; dapat menyimpan ratusan ribu karakter.

5.Menggunakan penyimpan luar yang sifatnya random access (dapat mengisi record data secara random), yaitu disk magnetik yang berkapasitas besar (jutaan karakter).

6.Penggunaan listrik lebih hemat dibandingkan komputer generasi sebelumnya.

7.Memungkinkan untuk melakukan multiprocessing, yaitu dapat memproses sejumlah data dan sumber yang berbeda pada waktu yang bersamaan dan multiprogramming yaitu dapat mengerjakan beberapa program sekaligus.

8.Pengembangan dari alat input-output yang menggunakan visual display terminal yang bisa menampilkan gambar-gambar dan grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara, serta penggunaan alat pembaca tinta magnetik yaituMICR(Magnetic Ink Characters Recognition) reader.

9.Harga semakin murah dibandingkan dengan komputer generasi sebelumnya.

10.Kemampuan melakukan komunikasi data dari satu komputer dengan komputer lainnya misalnya lewat alat komunikasi telepon.

Contoh :
- IBM S/360, UNIVAC 9000
- Burroughs 5700, 6700, 7700
- NCR seri Century
- GE 600, GE 235
- CPC 3000, 6000, 7000
- PDP-8, PDP-11