Perangkat Lunak sebelum Komputer Generasi Pertama

Perangkat Lunak 
sebelum Komputer Generasi Pertama

Sistem Kode yang Pertama
• Bangsa Yunani menggunakan signal obor untuk mengirimkan berita dan satu kota ke kota yang lain. Sistem ini disebut dengan polybius telegraph. 

• Ada Augusta merupakan orang pertama yang menulis perangkat lunak, diterapkan pada Babbage's Analytical Engine. Ada merupakan satu-satunya bahasa komputer yang digunakan pada Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk mengatur dan mengendalikan alat-alat perang, taktik dan sistem strategi pertahanan. 

• 1933. Program mekanik yang pertama

• 1945. Kutu yang pertama. Bila komputer tidak bekerja atau suatu program mengalami kesalahan, maka para ahli mengatakan mereka sedang melakukan proses debugging (mencari kutu), yang dimaksud adalah mencari sebab kesalahannya.

Program dilakukan dengan cara menghubungkan beberapa sirkuit di dalam komputer atau dengan membuat program dalam machine language (bahasa mesin) yang disimpan di memori komputer secara permanen.
Biasanya program tersebut sifatnya unik untuk suatu aplikasi tertentu dan bila akan digunakan untuk aplikasi yang lain, terpaksa harus memprogram sirkuit kembali atau menulis kembali program di dalam bahasa mesin