PERKEMBANGAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER


PERKEMBANGAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER

Alat pengolah data, mulai dari yang sederhana dapat dikelompokkan menjadi 4 golongan yaitu;
1.     Alat manual: menggunakan alat-alat sederhana, tangan masih memegang peranan penting
2.     Alat mekanik: alat mekanik yang digerakkan secara manual dengan tangan
3.     Alat mekanik elektronik: alat mekanik yang digerakkan oleh motor elektronik
4.     Alat elektronik: alat yang bekerja secara elektronik

Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
Walaupun komputer sebelum tahun 1946 sudah elektronik, tetapi tidak dimasukkan sebagai komputer generasi pertama. Komputer generasi pertama dimuiai pada tahun 1946. Yang termasuk komputer generasi ini adalah komputer elektronik yang menggunakan konsep stored-program (operasi komputer dikontrol oleh program yang disimpan di memori komputer, sedang komputer elektronik sebelumnya program tidak dapat disimpan di memori komputer, hanya tiap-tiap instruksi dibacakan ke komputer, sedang program adalah kumpulan dan instruksi). Stored-program merupakan suatu konsep yang cukup dramatis. Dengan stored-program, tidak perlu merubah isi komponen dalam komputer untuk masing-masing aplikasi baru yang berbeda. Hanya program baru untuk aplikasi itu saja yang dibacakan ke komputer dan disimpan di memori komputer. Program dibuat dengan bahasa mesin, yang terdiri dan instruksi-instruksi angka 0 dan 1 di dalam urut-urutan yang tertentu.

Komputer generasi pertama mempunyai ciri-ciri sebagai berikut ini.
1.     Komponen yang dipergunakan adalah tabung hampa udara (Vacuum tube) untuk sirkuitnya.
2.     Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin (machine language).
3.     Menggunakan konsep stored-program dengan memori utamanya adalah magnetic core storage.
4.     Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetik disk.
5.     Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.
6.     Cepat panas, sehingga diperlukan alat pendingin.
7.     Prosesnya kurang cepat.
8.     Simpanannya kecil.
9.     Membutuhkan daya listrik yang besar.
10. Orientasinya terutama pada aplikasi bisnis.

Contoh:
- ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator)
- HARVARD MARK II , III
- IBM Selective Sequence Electronic Calculator
- EDSAC(Electronic Delayed Srage Automatic Computer)
- ACE (Automatic Calculating Engine)
- SEC (Simple Electronic Computer)
- LEO (Lyon Electronic Office)
- UNIAC(Universal Automatic Computer)
- EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
- IBM 701, IBM 650, IBM 705,dll 


 Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
Komputer generasi kedua mempunyai ciri-ciri sebagai berikut ini:
1.   Komponen yang dipergunakan adalah transistor untuk sirkuitnya, dikembangkan di Bell Laboratories oieh John Bardeen, William Shockley dan Walter Brattain pada tahun1947.
2.    Program dapat dibuat bahasa tingkat tinggi (high level Language) seperti misalnya FORTRAN. COBOL, ALGOL (the Algorithmic Language)
3.    Kapasitas memori utama sudah cukup besar dengan pengembangan dari magnetic core storage, dapat menyimpan puluhan ribu karakter.
4.     Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk atau disk pack
5.     Mempunyai kemampuan proses real-time dan time-sharing. Real-time dapat dilakukan karena menggunakan simpanan luar yang sifatnya direct access, seperti misalnya magnetic disk, sehingga informasi yang dibutuhkan, seketika dapat dihasilkan. Sedang time-sharing memungkinkan beberapa pemakai menggunakan komputer secara bersama-sama dan komputer akan membagi waktunya (time-sharing) untuk tiap-tiap pemakai.
6.     Ukuran fisik komputer lebih kecil dibanding komputer generasi pertama
7.     Proses operasi sudah cepat, dapat memproses jutaan operasi per-detik
8.     Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
9.     Orientasinya tidak hanya pada aplikasi bisnis, tetapi juga ke aplikasi teknik

Contoh:
- PDP-1, PDP-5, PDP-8
- IBM 401, IBM 1602, IBM 7094
- UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC 1107
- Burrough 200
- IBM 7070, IBM 7080, IBM 1600
- NCR 300
- Honeywell 400, Honeywell 800
- CDC 1604, CDC 160A
- GE 635, GE 695, GE 200 


Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
Komputer generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1.     Komponen yang dipergunakan adalah IC (Integrated Circuits), yang berbentuk hybrid integrated circuits dan monolithic integrated circuits. Hybrid integrated circuit atau Solid Logic Technology (SLT) adalah transistor dan dioda yang diletakkan secara terpisah dalam, satu tempat. Monolithic integrated circuits atau Monolithic System Technology (MST) adalah elemen-elemen sirkuit (transistor, resistor dan dioda) semuanya diletakkan bersama-sama dalam suatu chip. MST lebih kecil tetapi mem punyai kemampuan yang lebih besar dan LST. IC disebut juga dengan miniaturized circuits dan dibuat pertama kali pada tahun 1959 oleh Texas Instruments dan Fairchild semiconductor.
2.     Peningkatan dari softwarenya
3.     Lebih cepat dan lebih tepat. Kecepatannya hampir 10000 kali dan komputer generasi pertama. Ukuran kecepatannya adalah microseconds (jutaan operasi perdetik), bahkan sampai nanoseconds (milyard operasi perdetik).
4.     Kapasitas memori komputer lebih besar; dapat menyimpan ratusan ribu karakter.
5.     Menggunakan penyimpan luar yang sifatnya random access (dapat mengisi record data secara random), yaitu disk magnetik yang berkapasitas besar (jutaan karakter).
6.     Penggunaan listrik lebih hemat dibandingkan komputer generasi sebelumnya.
7.     Memungkinkan untuk melakukan multiprocessing, yaitu dapat memproses sejumlah data dan sumber yang berbeda pada waktu yang bersamaan dan multiprogramming yaitu dapat mengerjakan beberapa program sekaligus.
8.     Pengembangan dari alat input-output yang menggunakan visual display terminal yang bisa menampilkan gambar-gambar dan grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara, serta penggunaan alat pembaca tinta magnetik yaituMICR(Magnetic Ink Characters Recognition) reader.
9.     Harga semakin murah dibandingkan dengan komputer generasi sebelumnya.
10. Kemampuan melakukan komunikasi data dari satu komputer dengan komputer lainnya misalnya lewat alat komunikasi telepon.

Contoh :
- IBM S/360, UNIVAC 9000
- Burroughs 5700, 6700, 7700
- NCR seri Century
- GE 600, GE 235
- CPC 3000, 6000, 7000
- PDP-8, PDP-11


Komputer Generasi Keempat (1910 - . . .)
Ada dua perkembangan yang kemudian dianggap sebagai komputer generasi keempat, yang pertama adalah penggunaan Large Scale Integration (LSI) atau disebut juga dengan nama Bipolar Large Scale Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah chip. lstilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian- rangkaian terpadu (integrated circuits), LSI kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration).
Yang kedua adalah dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan mikroprocessordari semikonduktoryang berbentuk chip untuk memori komputer.

Contoh:
- IBM 370
- Microprocessor 4004 (Intel)
- Komputer mikro Altair (8080)
- Komputer Cray-1 (Supercomputer)
- Apple II, Radioshack, Commodore
- Altos, Atari, Casio, Compaq, Corona
- Epson, Hewlett-Packard, Wang, Xerox


Komputer Generasi Kelima
Komponen yang dipergunakan adalah VLSI (Very Large Scale Integration). Disamping VLSI, juga sedang dilakukan pengembangan terhadap Josephson Junction, teknologi yang kemungkinan bisa menggantikan chip. Josephson Junction mempunyai kemampuan memproses trilyun operasi perdetik, sedang teknologi chip hanya dapat memproses milyard operasi perdetik.
Bila berhasil, komputer generasi kelima akan dapat menterjemahkan bahasa manusia, manusia dapat bercakap-cakap langsung dengan komputer, penghematan energi komputer, dapat melakukan diagnosa penyakit yang lebih akurat dan lain sebagainya.
Komputer Masa Depan
Suatu peramalan yang sifatnya fiksi meramalkan bahwa komputer masa depan dapat berpikir dan mempunyai perasaan seperti manusia. Beberapa ilmuwan komputer yakin suatu ketikaakan tercipta suatu komponen yang akan disebut sebagai biochip, yang terbuat dari bahan protein sintetis