Setting SEF Manual Joomla Tanpa Component, Plugins dan Module SEF

SEF (Search Engine Friendly) adalah sebuah kebutuhan bagi sebuah Website baik Personal terlebih Profesional. Selain karena terkait masalah reputasi pada Search Engine, SEF juga berperan penting dalam mendukung kelangsungan hidup website.
Bagi para Blogger maupun Wordpress users mungkin masalah SEF ini tidaklah menjadi masalah, tapi tidak halnya dengan CMS Profesional Number yang bernama Joomla. Secara default URL joomla sangatlah panjang, rumit dan tidak SEO friendly.

Joomla Users, sebenarnya dari Joomla sendiri sudah memberikan SEF URL default yang dapat disetting dari menu Global Configurations. Pada sebelah kanan halaman ini terdapat SEO setting yang semuanya bernilai "No" nah sekarang coba semua diaktifkan ("Yes") lalu save

1. Ubah Konfigurasi Apache Setting

Buka apache/conf/httpd.conf dengan notepad++ kemudian hapus tanda "#" pagar pada baris ke 118 (#LoadModule rewrite_module modules/mod_rewrite.so)

2. Ubah htaccess.txt menjadi .htaccess

Buka folder Joomla kemudian ubahlah file htaccess.txt menjadi .htaccess lalu save

3. Restart Apache + Browser kemudian panggil kembali directory joomla Anda

Hanya dengan 3 langkah praktis ini, Website Joomla Anda sudah Seo Friendly! Go SEF Website Bro!


Nb:

- Hosting: Kontak CS Hosting Anda jika Website Joomla Anda hendak dionlinekan dan pastikan hosting tersebut mendukung Mod_Rewrite pada Apachenya

Semoga berhasil.