Website Dinamis dengan HTML dan PHP

Hypertext Preprossesor atau yang lebih dikenal dengan PHP adalah sebuah bahasa pemrograman berbasis web yang saat ini paling digemari. PHP dapat berjalan pada webserver yang mempunyai compiler PHP sesuai dengan versi regulasinya. Untuk saat ini PHP sudah mengeluarkan versi terbaru yaitu PHP 5 yang semakin canggih.

Secara bahasa dan syntax, PHP tidaklah terlalu rumit dan cenderung mudah bagi pemula, namun terkadang terkesan sangat susah karena begitu kompleknya pemrograman ini terutama untuk mereka yang ingin memasuki jenjang advance. Aku sendiri sampai sekarang baru mengenal syntax-syntax dasar saja, tapi insyaAllah ada saatnya ingin mengusai bahasa tersebut.

Beberapa contoh aplikasi web yang berbasis PHP sangat mudah ditemui, terutama yang berbasis CMS (Content Management System) seperti Joomla, Wordpress, Drupal, Aura,dll. Inti dari membuat website dinamis dengan HTML dan PHP adalah bagaimana menyatukan antara tag HTML dan Syntax PHP. Syntax PHP inilah yang berisi variable yang dinamis yang dapat berubah-ubah isinya sesuai dengan muatan variablenya.

Zuli beri contoh begini:

Sebuah halaman artikel yang menampilkan berita akan menampilkan 5 berita terakhir yang diposting oleh administrator. Berita tersebut tersimpan dalam database pada table "news" dengan primery key "id" dengan index "judul" untuk menghindari duplikat judul. Kemudian dibuatlah beberapa script PHP yang akan digunakan untuk: menulis artikel, menambahkan ke database, mengedit artikel, menghapus artikel dan mempublikasikannya pada halaman artikel.


Download script artikel management

Cara Instalasi:

1. Buat database "mutyalova"
2. Unzip artikel.zip
3. Import database yang ada didalam folder artikel
4. Jalankan script

Nah dengan sebuah script sederhana ini kita bisa belajar membuat kontent dinamis untuk memanage artikel lengkap dengan categorynya.