Operator Increment dan Decrement dalam Bahasa C

Operator pada Pemrograman secara umum adalah sama baik itu Operator Aritmatika, Operator Logika maupun Operator Boolean. Yang membedakan mungkin hanyalah simbol dari tiap Operator pada tiap Bahasa Pemrograman. Namun secara logika baik penggunaan maupun fungsinya sama untuk semua Bahasa Pemrograman.

Khusus untuk Bahasa C ada operator tambahan yang berlaku juga untuk bahasa PHP yaitu Operator Increment dan Decrement. Operator Increment adalah Operator yang akan menambah nilai variable menjadi + 1 (misal tadinya 2 jadi 3). Operator Increment sering dipakai pada proses looping dan jarang dipakai dalam proses aritmatika karena sangat membingungkan dalam perhitungan.
Syntax dari Operator Increment: (variable)++ atau ++(variable) --> Yang kedua jarang dipakai.

Contoh : a++; --> tanda ; (titik koma) adalah tag penutup untuk bahasa C persis seperti PHP kan???

Operator Decrement adalah kebalikan dari Operator Increment, Operator ini akan mengurangi nilai variable menjadi - 1. Jadi nilai variable akan berkurang secara otomatis tiap kali operator ini bekerja.  variable ini sering dipakai pas looping biar nyingkat syntax.

Contoh: a--; sama ja dengan a = a - 1; --> diatas lupa ditulis yang ginian

Nah dengan tambahan Operator Increment dan Decrement, programmer sangat diuntungkan karena tidak perlu menuliskan pengurangan/penjumlahan 1 dari variable karena sudah otomatis dilakukan bila operator ini digunakan