Perkembangan Perangkat Lunak Sistem Operasi

Perkembangan Perangkat Lunak 
Sistem Operasi

Sistem operasi (operating system atau banyak disebut dengan singkatannya OS) merupakan program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasi kegiatan dan sistem komputer. OS berfungsi seperti manajer di dalam suatu perusahaan, yaitu bertanggung jawab, mengendalikan dan mengkoordinasikan semua kegiatan perusahaan secara efisien dan efektif.

Istilah lain dari OS adalah monitor, executive, supervisor, controller, atau master control program. OS terdiri dari control program dan OS service.
Paket operasi ataupun program yang dibuat dengan high level language seperti misalnya BASIC, FORTRAN, COBOL, bahasa C dan lain sebagainya, tidak akan dapat dijalankan kalau tidak ada OS atau Operating System (Sistem Operasi) yang mendukungnya. Sistem operasi ini yang akan mengatur semua proses dan sistem komputer. Misalnya program aplikasi yang dibuat dengan suatu bahasa tinggi tertentu, memerintahkan hasil dicetak di printer, maka proses yang melakukannya adalah OS yang akan menghubungi printer untuk mencetak hasil tersebut.

• 1954. Sistem operasi yang pertama kali. Digunakan pada komputer IBM 701.

• 1960. Sistem operasi untuk komputer mini yang pertama kali. OS/360 digunakan untuk semua seri komputer IBM System 360.

• 1969. UNIX. Dibuat oleh Ken Thompson dan diterapkan pada komputer PDP-7. Tahun 1975 UNIX ditulis ulang dengan bahasa C.

• 1970. CP/M(Control Program/Microprocessor). Merupakan OS untuk komputer mikro 8-bit yang mempergunakan microprocessor Z-80 atau Intel 8080. Versi lain: IBM PC DOS.

MS DOS dipergunakan di komputer mikro yang menggunaka microprocessor Intel 8086 atau 8088. OS lainnya: XENIC, Oasis 16, Pick OS, P System, TRS DOS.

• 1987: IBM Operating System/2. Dengan microprocessor 80386 dan 80386, OS/2 dapat mengamati memori di atas batas 640 KB yang tidak dapat dilakukan IBM PC DOS.

Kelebihan OS/2:
» Dapat mendukung beberapa aplikasi yang menggunakan memori sampai dengan 16MB.
» Membuat manajemen basis data lebih mudah dengan menyediakan semua sarana-saranauntuk membuat  
   basis data.
» Dapat digunakan untuk network denga dihubungkan pada beberapa host computer.
» Dapat digunakan untuk multitasking sehingga dapat di-switch antara 1 aplikasi ke aplikasi lainnya.