Perkembangan Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi


Perkembangan Bahasa 
Pemrograman Tingkat Tinggi

Memprogram dengan menghubungkan beberapa sirkuit komputer atau membuatnya dengan bahasa mesin merupakan pekerjaan yang sulit, karena si pembuat program harus mengetahui benar tentang seluk beluk jaringan kerja dan komputer tersebut. Untuk mengatasi hal itu, diciptakan Bahasa tingkat tinggi (high level language). Pemrograman dengan bahasa tingkat tinggi dilakukan dengan menulis program dengan bahasa awam (bahasa lnggris sehari-hari dengan aturan yang tertentu) yang kemudian akan diterjemahkan oleh komputer ke dalam bahasa komputer (bahasa mesin).
·         1957. FORTRAN (FORmula TRANslator). Bahasa tingkat tinggi pertama untuk keperluan teknik dan matematika. FORTRAN diterapkan pada komputer IBM 704. FORTRAN II diterapkan pada komputer IBM 704, IBM 709 dan IBM 650. FORTRAN IV diterapkan pada komputer IBM 7030. Suatu komite yang baru yaitu ANSI (American National Standards lnstitute membentuk FORTRAN 77.
 
·         1958. LISP.Merupakan bahasa artificial intelligence yang pertama. Pengembangan LISP: MACLISP, INTERLISP,,FRANZ LISP, UCI LISP dan ZETALISP.
 
·         1958. ALGOL (ALGOrithmic Language) dikembangkan untuk memecahkan masalah-masalah secara umum (general purpose).
 
·         1959. COBOL(COmmon Business Orinted Language). Merupakan bahasa level tinggi yang menggunakan compiler / translator.
 
·         1960. LOGO. Merupakan perkembangan dan LISP yang ditujukan untuk bidang pendidikan.
 
·         1961. GPSS (General-Purpose Systems Simulator) merupakan bahasa pertama yang berupa bahasa untuk keperluan proses simulasi.
 
·         1961. RPG (Report Program Generator) dikembangkan oleh IBM yang diterapkan pada komputer IBM 1041. RPG II untuk komputer IBM System/3. RPG III untuk IBM System/38.
 
·         1962. APL (A Programming Language) digunakan untuk aplikasi teknik yang pertama kali digunakan untuk komputer IBM S360.
 
·         1964. BASIC (Beginners All-purpose Symbolic Instruction Code) merupakan bahasa tingkat tinggi yang berbentuk interpreter, yang memungkinkan untuk mengoperasikan komputer secara interaktif, program dapat ditulis, dijalankan, diubah dan dijalankan lagi tanpa harus melalui tahap kompilasi seperti pada bahasa tingkat tinggi Iainnya yang ber bentuk compiler, sehingga BASIC sangat populer. Pengembangan BASIC: MBASIC, S BASIC, CBASIC, Applesoft BASIC, GBASIC, HBASIC, KBASIC, BASIC-86, BASICA, Z-BASIC, Quick BASIC dan sebagainya.
 
·         1966. PL/1 (Programmning Language version 1) yang merupakan gabungan dari FORTRAN, COBOL dan ALGOL.
 
·         1968. Konsep pemograman terstruktur yang pertama. Menghindari statemen GO TO. 
·         1968. PILOT (Programmed Inquiry, Learning or Teaching). Merupakan bahasa yang mudah digunakan karena digunakan pada mereka yang belum berpengalaman dalam menulis program.
 
·         1970. PASCAL. Pengembangan PASCAL: UCSD Standard Pascal, Apple Pascal, KMMM Pacal, MT+ Pascal, Turbo Pascal.
 
·         1971. SHRDLU. Program ini dapat menganalisa percakapan yang ditulis denganbahasa manusia secara natural.
 
·         1971. SAM76. Merupakan gabunga dari LISP dengan FORTH yang digunakan untuk komputer multiuser dengan system operasi UNIX.
 
·         1972. PROLOG. Bahasa yang dipergunakan untukoperasi artificial intelligence.
 
·     1972. SMALLTALK. Dikembangkan di Xerox's Palo Alto Research. Versinya: Smalltalk-72, Smalltalk-76, Smalltalk-80.
 
·         1974. C. Pertama kali dikembangkan dengan nama BPLC di Inggris. Kemudian diadaptasi di AS dan diberi nama Bahasa B. Dikembangkan lagi oleh Dennis M Richie dan diberi nama Bahasa C. Bahasa ini juga digunakan untuk menulis system operasi UNUX.
 
·         1974. COMAL. Gabungan antara BASIC dan PASCAL.
 
·         1975. BASIC pada komputer mikro yang pertama. Interpreter BASIC ini dibuat oleh Paul Allen dan William Bill Gates. Versi lain: MBASIC(Microsoft BASIC, BASICA (Basic Advanced) 
·         1977. MODULA-2. Digunakan untuk tujuan multi programming.
 
·         1979. ADA. Digunakan di Departemen Pertahanan AS.