VIRTUAL REALITY


VIRTUAL REALITY

Apakah Virtual Reality?
Tidak ada definisi universal mengenai Virtual Reality (vr). Definisi yang paling umum dipergunakan adalah bahwa virtual reality adalah grafik yang interaktif, dihasilkan oleh komputer, tiga dimensi, dan disajikan ke pengguna melalui sebuah head-mounted display. Sedangkan definisi secara teknis , virtual reality adalah “sebuah lingkungan dan atau teknologi yang menghasilkan sensor yang artifisial yang cukup untuk menimbulkan minat dari pengguna”. Selain itu dengan melihat pada sebuah layar datar komputer, dengan mempergunakan virtual reality user berinterkasi dengan lingkungan komputer tiga dimensi. Untuk melihat dan mendengar lingkungan yang dibangkitkan komputer, pengguna mempergunakan stereo googles dan sebuah 3-D headset.

Keuntungan dari virtual reality adalah lebih dari satu orang dan bahkan sekelompok orang dapat berbagi dan berinteraksi pada lingkungan yang sama. VR dapat menjadi sebuah media komunikasi, hiburan dan pembelajaran yang handal. Pengguna dapat melakukan interaksi dengan obyek virtual. Dalam virtual reality, seseorang percaya bahwa dia sedang mengerjakan sesuatu yang riil walaupun semuanya dihasilkan secara artifisial. Aplikasi hiburan paling banyak mempergunakannya. Akan tetapi kemampuan ini dapat dikembangkan untuk meningkatkan keuntungan bisnis. 

Sistem virtual reality yang canggih adalah interaktif dan biasanya mensimulasikan fenomena dunia sebenarnya. Sistem ini sering mensimulasikan penglihatan , suara, sentuhan dan kombinasi semuanya dengan mempergunakan input berbasis komputer untuk mata, telinga dan kulit pengguna. Dengan mempergunakan sebuah head-mounted display, gloves dan sebuah bodysuit atau citra yang diproyeksikan menjadi besar dalam simulator cabs, maka pengguna dapat masuk dan berinteraksi dengan lingkungan virtual atau artifisial yang dihasilkan. Contoh: NEC Corporation (Japan) Lab mempergunakan laboratorium untuk mengembangkan sebuah ski simulator yang dipergunakan untuk pelatihan.

Aplikasi Virtual Reality.
Penggunaan virtual reality uang utama adalah untuk pemasaran. Sebagai contoh: Tower Records menawarkan sebuah toko musik virtual di internet; pelanggan dapat menjumpai semua bagian dari toko tersebut mulai dari bagian depan toko, masuk kedalam dan melihat CD dan video. Mereka memilih dan membeli pilihannya secara elektronik dan melakukan interaksi dengan sales. Dengan cara yang serupa, virtual supermarket dapat menarik pelanggan dengan melakukan penjualan dari rumah. Di masa mendatang, para pembeli akan memasuki sebuah virtual supermarket, kemudian berjalan melalui lorong yang ada, memilih produk secara virtual dan meletakkan produk tersebut dalam keranjang. Beberapa aplikasi yang mempergunakan virtual reality dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Tabel – Contoh aplikasi virtual reality
Industri Aplikasi

#      Manufaktur • Training untuk pekerja
#      Desain, testing dan prototipe produk dan proses secara virtual
#      Rekayasa dan analisis ergonomi
#      Transportasi • Virtual aircraft mockups
#      Desain mobil baru dan menguji mobil pada kecelakaan virtual
#      Simulasi penerbangan kelas utama dalam pesawat terbang
#      Finansial • Memperlihatkan harga dan karakteristik stok
#      Arsitektur • Menampilkan bangunan dan struktur lainnya.
#      Militer • Training (pilot, astronot, sopir) dan simulasi medan perang
#      Medis • Training perawat (dengan simulator) dan rencana operasi
#      Rencana terapi fisik
#     Pemasaran • Menampilkan toko dan produ
#      Penjualan elektronik

Virtual reality baru saja dimulai dengan bergerak memasuki beberapa aplikasi bisnis. Dunia tiga dimensi dalam internet seharusnya membuktikan populer sebab sistem ini menghasilkan metamorfosa bagi seseorang yang terlibat.